Apa Saja dalam Keuangan yang Harus Dimiliki Keluarga?

Dear all my lovely friends, partner and sedulur sedulur…

Tgl 10 November 2011 kmrn, saya ikut training in class pak Andreas Hartono, dan ada materi mengenai keuangan yang menurut saya sangat bagussss dan sayang banget kalo ga dibagi ke temen-temen semua. Kmrn beliau lbh banyak memberikan info mengenai keuangan, seperti apa aja yg harus dan utama kita miliki, seperti:

1. Dana Darurat Idealnya setiap keluarga memiliki minimal 2xpengeluaran selama sebulan untuk menunjang kebutuhan darurat, misalnya utk perpanjang STNK, service besar kendaraan, dsb.

2. Proteksi Menurut pak Andreas (dan banyak ahli keuangan lainnya – dan gw setuju), kalo seorang tulang punggung keluarga itu wajib memiliki asuransi jiwa, tujuannya untuk memproteksi jiwa ybs jika tjadi sesuatu misalnya meninggal dunia, cacat tetap dan tdk dpt bekerja, sehingga keluarga tetap memiliki dana utk hidup minimal beberapa bulan kedepan (tergantung nilai asuransi jiwa tsb)

3. Pendidikan Bagi yg sdh bekeluarga, pendidikan anak (kuliah khususnya) membutuhkan biaya yg sangat besar. Nah sebaiknya untuk biaya kuliah anak sudah mulai disisihkan sejak sekarang, dicicil pelan-pelan, dikit-dikit nanti lama2 jadi bukit deh.

4. Dana Pensiun Friends, coba bayangkan dana pensiun yg akan kita dapat nanti, apakah jumlahnya cukup utk membiaya kehidupan setelah kita pensiun nanti?? Nah, ada baiknya kita juga mempersiapkan dana pensiun tambahan sendiri dgn menyisihkan sedikit2 dari sekarang.

Eh tapi gimana cara baginya???duit gaji cuma segituuu mana cukuppp???!!! Ngomong doang sih gampang yaaaahhhhhh……

Nah nah, gimana ya caranya…???

Beginiiii, abis gajian langsung sisihkan uang2 utk menggaji diri kita sendiri (gaji diri utk kehidupan masa depan), jangan sisihkan dibelakang, kalo dibelakang mah pasti abisssss deeehhh…

¨ Dana darurat bisa disisihkan pelan2..

“Proteksi, utk proteksi ambil yg asuransi jiwa murni (tradisional/konvensional) jangan yg plus investasi yahh, kalo plus investasi kenanya mahal, premi sebulan bisa >300rb/ bln, padahal uang pertanggungan (UP) plg cm sekitar 100-150juta. Nah kalo ambil asuransi jiwa murni, premi nya sebulan bisa Cuma 50rb/bln dgn nilai UP sekitar 100juta.

¨ Pendidikan dan Dana Pensiun, utk pendidikan dan dana pension kita bisa investasi melalui reksadana.

Jadi teman2, sedulur2, saya hanya sharing ilmu yg kmrn diberikan Pak Andreas, keputusan tetap berada di tangan teman2 apakah ini akan diaplikasikan dlm kehidupan atau tidak.

Atau teman2 punya cara yg laen yg lebih baik dari ini, ya silahkan saja monggoooo…=D

Kalo kata2 saya banyak yg bikin bingung atau emang ga jelas ato mau Tanya reksadana itu apa, asuransi jiwa itu beli dimana, boleh tanya langsung ke saya

Dan perlu diingat, saya TIDAK menjual asuransi jiwa dan

bahkan BUKAN sebagai marketing REKSADANA…wuahahahaha….

ini murni karena saya cinta Y teman2 semua,

jadi saya mau teman2 juga tau…….okehh….

I LOVE U guys so muchhhh….

2 thoughts on “Apa Saja dalam Keuangan yang Harus Dimiliki Keluarga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s